Navigation

free counters
 free web counter Counter Powered by  RedCounter
az1.jpg
what is my ip address?
Home » » Membuat (fermentasi) Kompos/Bokashi

Membuat (fermentasi) Kompos/Bokashi

Assallamuallaiku Wr.

Wb Selamat malam sobat Bloger...

 Pertama kali saya posting di blog ini, saya akan sedikit tentang pengalaman saya dalam dunia pertanian.
mungkin saya masih sangat muda dalam dunia pertanian, tapi saya akan coba share sedikit tentang cara-cara bertani. oke,.. langsung saja ke pokok. Kali ini saya akan share cara membuat kompos/bokashi dengan menggunakan bahan dari kotoran ternak ala saya sendir. hehe

pertama-tama  siapkan dulu bahan dan alatnya

Bahan:
-kotoran sapi -/+ 20 sag
-kotoran ayam -/+ 4 sag
-bekatul/dedak -/+ 2sag
-starter (EM4+Bio Tanah) atau terserah anda
-gula pasir 1/4 Kg
-gula jawa 1 lirang
-tetes tebu 1 botol

Alat:
-cangkul
-gembor
-wadah air
-terpal
-dll

pertama-tama kumpulkan semua bahan (kotoran+dedak) dan aduk sampai rata.
kemudian larutkan gula pasir, gula jawa, tetes tebu, starter, aduk sampai benar-benar larut.
isi gembor  dengan air, setiap 1 gembor campur dengan -/+ 100ML campuran bahan.
selanjutnya siram tumpukan kotoran, aduk sedikit demi sedikit sampai tingkat kebasahan 30% (remas adonan, basah tapi air tidak menetes).

setelah semua benar-benar sudah merata, tumpuk, tapi jangan terlalu tinggi -/+ 40 Cm. kemudian tutup dengan terpal, biarkan 14 hari. dalam masa proses suhu akan meningkat. jika terlalu panas buka terpal dan aduk, kemudian tutup kembali. bila proses fermentasi berhasil di hari 4+ adonan akan ditumbuhi jamur antagonis (putih-putih kecil).  

ya,.. selamat mencoba rekan semua.. postingan pertama saya semoga bermanfaat.

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 comments:

Post a Comment

Blogger news

a